Soal perijinan radio komunitas ini jangan main-main. Jangan berani-beraninya bersiaran tanpa ijin. Akibatnya bisa fatal. Dendanya sangat banyak: ratusan juta hingga milyaran.

Yang perlu diketahui, ijin penyiaran radio komunitas itu bukan ke lurah / kepala desa, bukan pula ke polsek maupun polres, bukan pula ke bupati. Melainkan perijinan radio komunitas ini sama dengan perijinan radio komersial yang lain, yaitu ke Komisi Penyiaran Indonesia.

Ijin radio komunitas ini tidak hanya satu. Melainkan ada beberapa. Ada ijin untuk menyelenggarakan penyiaran, ada ijin untuk menggunakan frekuensi tertentu, ada ijin gangguan, ada ijin mendirikan tower, dan ijin-ijin lain terkait pendirian perusahaan penyiaran.

Untuk informasi lebih lengkap soal perijinan radio komunitas, Anda bisa datang ke Komisi Penyiaran Indonesia yang ada di setiap ibukota provinsi yaitu Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID). Di sana Anda akan mendapatkan penjelasan yang rinci dan sekaligus bisa mengambil formulir pengajuan ijin.

Proses pengajuan ijin radio komunitas ini tidak instant. Sebuah radio komunitas harus melengkapi banyak persyaratan dan harus lolos masa uji siaran sementara. Ketika sudah lolos, maka baru akan mendapatkan ijin penyelenggaraan penyiaran yang harus diperbarui setiap sekian tahun sekali.

Selamat mengajukan ijin radio komunitas. Mari menjadi bagian bangsa yang baik, bukan menjadi bagian yang suka melanggar.

Salam!